Sunday 24 February 2019

Baitul Makmur





Bait al-Makmur (Arab البيت المعمور, Al Baytul Ma'mur) adalah Kabah penduduk langit sebagaimana Kabah di bumi sebagai pusat ibadah penduduk bumi. Menurut Ibnu Abbas bahwa Baitul Makmur adalah rumah disekitar Arsy yang dikelilingi oleh para malaikat

Lafadz Baitul Makmur disebutkan Allah dalam Quran surat At-Thur.


“...dan demi Baitul Ma’mur, dan atap yang ditinggikan (langit), dan laut yang di dalam tanahnya ada api,” (At-Thur: 4-6)

Karena itulah, Allah jadikan tempat ini sebagai sumpah-Nya, sebagaimana disebutkan pada ayat di atas, “Demi Baitul Makmur...,” dan umat Muslim meyakini bahwa makhluk yang Allah jadikan sebagai sumpah adalah makhluk yang mulia, yang menunjukkan keagungan Sang Penciptanya, dan hanya Allah saja yang boleh bersumpah atas makhluknya, sedangkan makhluk seperti manusia, jin dan lain-lainnya, dilarang untuk bersumpah ditujukan selain kepada Allah. Jika ada yang melanggar dan ia telah mengetahui hukumnya, maka ia dihukumi dengan kekufuran dan kesyirikan.

Letak dan posisinya

Ketika peristiwa Isra Mi'raj, Nabi Muhammad telah melihat Baitul Makmur yang berada di langit ketujuh.

Baitul Makmur dikatakan letaknya sejajar dengan Kabah penduduk bumi. Penjelasan lain menjelaskan lebih detail bahwa letaknya ada di langit ke-7, tepat diatas Kabah penduduk bumi.

Beberapa pendapat

Ada beberapa pendapat mengenai tafsir Baitul makmur menurut Fakhruddin Ar-Razi rahimahullah, ia berkata bahwa Baitul Makmur, maka ada beberapa pendapat diantaranya adalah:
Rumah di langit yang tertinggi di dekat ‘Arsy, disifati dengan “makmur” karena banyaknya yang melakukan thawaf dari golongan malaikat.

Baitullah Al-Haram (Ka’bah) yang di penuhi oleh jemaah haji yang thawaf dan i’tikaf
Baitul Makmur dengan menggunakan “Lam ta’rif Al-Jinsi”. Seakan-akan Allah bersumpah dengan rumah-rumah (misalnya ka’bah) yang diramaikan/dimakmurkan dan bangunan-bangunan yang terkenal.


اللهم ارزق كل مشتاق عمره قريبه. امين يا الله...


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...